Raih Limpahan Pahala Bulan Rajab, Begini Amalannya

Avatar

- Wartawan

Selasa, 16 Januari 2024 - 07:54 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gambar salah satu masjid termegah di dunia. (Foto: dream.co.id)

Gambar salah satu masjid termegah di dunia. (Foto: dream.co.id)

MADURA, #ANDAHARUSTAHU – Bulan Rajab, salah satu bulan yang mulia dan sangat dinantikan oleh umat Islam sebagai periode yang penuh berkah. Bulan Rajab tahun 1445 Hijriah dimulai pada tanggal 13 Januari 2024.

Umat Islam dihimbau melibatkan diri dalam berbagai amalan yang sangat dianjurkan guna meraih limpahan pahala. Dalam menyambut Bulan Rajab ini, terdapat sejumlah amalan yang bisa dilaksanakan oleh umat muslim untuk memperkaya spiritualitas mereka dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Berikut adalah beberapa amalan bulan Rajab yang dapat menjadi panduan bagi umat Islam dalam merayakan dan memanfaatkan keistimewaan bulan ini.

  • Membaca doa ketika memasuki bulan Rajab, yaitu: اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ
  • Sholat sunah di bulan Rajab, yaitu melaksanakan sholat-sholat yang memiliki keutamaan dan keistimewaan di bulan Rajab, seperti shalat Raghaib, sholat Lailatul Asyrah, sholat Isra’ Mi’raj, atau sholat sunah lainnya. Sholat sunah di bulan Rajab dapat meningkatkan kualitas sholat wajib kita, menghapus dosa, dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.
  • Berpuasa sunnah di bulan Rajab, baik puasa Senin-Kamis, Ayyamul Bidh, Puasa Daud, atau puasa sepanjang bulan. Puasa di bulan Rajab memiliki keutamaan yang besar, seperti menghapus dosa-dosa, mendekatkan diri kepada Allah, dan menyiapkan diri untuk menyambut bulan Ramadhan.
  • Memperbanyak istighfar, tasbih, dan dzikir. Istighfar merupakan tindakan memohon ampun kepada Allah SWT sebagai ungkapan penyesalan atas segala kesalahan, dosa, dan kelalaian yang telah dilakukan. Tasbih adalah memuji Allah SWT dengan mengucapkan سُبْحَانَ اللهِ. Dzikir adalah mengingat Allah SWT dengan berbagai kalimat yang mengandung makna tauhid, seperti لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ. Amalan-amalan ini dapat membersihkan hati, menenangkan jiwa, dan mendatangkan rahmat Allah.
  • Membaca bacaan khusus untuk 10 hari pertama, 10 hari kedua, dan 10 hari terakhir bulan Rajab. Bacaan-bacaan ini adalah kalimat-kalimat yang mengandung istighfar, tahmid, dan hamdalah. Bacaan-bacaan ini dapat membantu kita untuk mengagungkan Allah SWT, mengakui kesalahan kita, dan bersyukur atas nikmat-Nya.
  • Membaca sholawat di bulan Rajab, yaitu mengucapkan salam dan pujian kepada Nabi Muhammad SAW dengan berbagai lafadz, seperti sholawat Nariyah, shalawat Ibrahimiyah, sholawat Badar, atau sholawat lainnya. Membaca shalawat dapat mendapatkan syafaat Nabi SAW, menghapus dosa, dan mendekatkan diri kepada Allah dan Rasul-Nya.
  • Berdoa di bulan Rajab, yaitu memanjatkan doa-doa yang sesuai dengan kebutuhan, harapan, dan hajat kita kepada Allah SWT. Beberapa doa yang bisa dipanjatkan di bulan Rajab antara lain adalah doa ketika memasuki bulan Rajab, doa ketika berpuasa, doa ketika berbuka, doa ketika sholat, atau doa-doa lainnya. Berdoa adalah salah satu ibadah yang paling dicintai Allah SWT dan paling mustajab di bulan Rajab.
  • Ibadah sunnah lainnya di bulan Rajab, seperti membaca Al-Quran, ziarah kubur, berbuka dengan kurma, berwudhu sebelum tidur, atau ibadah sunnah lainnya. Ibadah sunnah lainnya ini dapat melengkapi ibadah-ibadah yang sudah disebutkan sebelumnya, serta menambah amal shaleh kita di bulan Rajab.
BACA JUGA :  Dua Sosok Presiden Indonesia yang Terlupakan
 

********

Artikel ini diramu dari berbagai literatur oleh Sofiyatus Zawiyah, mahasiswi Universitas Islam Madura (UIM) yang mengikuti program magang di Kantor Klik Madura.

Baca berita lainnya di Google News atau langsung ke halaman Indeks

Berita Terkait

Maraknya Pengguna Alat Tangkap Cantrang Picu Konflik Nelayan di Masalembu, Kabupaten Sumenep
Istilah Algoritma Populer di Kalangan Anak Muda, Ternyata Ini Penemunya
Dua Sosok Presiden Indonesia yang Terlupakan

Berita Terkait

Kamis, 21 Maret 2024 - 11:17 WIB

Maraknya Pengguna Alat Tangkap Cantrang Picu Konflik Nelayan di Masalembu, Kabupaten Sumenep

Selasa, 16 Januari 2024 - 07:54 WIB

Raih Limpahan Pahala Bulan Rajab, Begini Amalannya

Selasa, 9 Januari 2024 - 15:32 WIB

Istilah Algoritma Populer di Kalangan Anak Muda, Ternyata Ini Penemunya

Selasa, 9 Januari 2024 - 10:33 WIB

Dua Sosok Presiden Indonesia yang Terlupakan

Berita Terbaru

Halaman Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang.

Pendidikan

635 Lembaga PAUD di Kabupaten Sampang Tidak Terakreditasi

Jumat, 24 Mei 2024 - 17:46 WIB