PAMEKASAN || KLIKMADURA – BPJS Kesehatan Cabang Pamekasan terus memastikan pelayanan kesehatan diberikan oleh faskes kepada masyarakat secara optimal.
Salah satunya, dengan rutin menggelar monitoring dan evaluasi kepada rumah sakit dan klinik kesehatan mitra.
Lebih dari 60 rumah sakit dan klinik kesehatan di Madura yang bermitra dengan BPJS Kesehatan dalam memberikan layanan kepada masyarakat.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pamekasan Nuzuluddin Hasan mengatakan, pihaknya sangat terbuka terhadap fasilitas kesehatan (faskes) yang ingin bermitra.
Dengan catatan, faskes tersebut wajib memenuhi persyaratan sesuai SOP. Harapannya, dengan pemenuhan persyaratan tersebut, faskes mampu dan maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Nuzul menyampaikan, pihaknya terus berupaya menjamin kualitas faskes yang bermitra dengan cara rutin melakukan monitoring dan evaluasi.
Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 bulan sekali. BPJS Kesehatan juga mengecek secara berkala data keluhan dari pasien yang harus dipertanggungjawabkan oleh faskes.
Tujuannya, untuk menghindari over klaim. Program-program tersebut dilakukan untuk menjaga kepercayaan masyarakat.
Kepercayaan dari masyarakat adalah amanah yang wajib dilaksanakan dan wajib kami jaga dengan baik,” katanya.
Nuzul menyampaikan, ada payung hukum yang mengatur tentang BPJS Kesehatan. Jika terbukti ada penyelewengan, akan dikenakan sanksi hukum atas kecurangan tersebut. (ern/diend)